Monday, 17 August 2015

سورة آل عمران آية 0004





[3:4] Basmeih
Sebelum (Al-Quran diturunkan), menjadi petunjuk bagi umat manusia. Dan Ia juga yang menurunkan Al-Furqaan (yang membezakan antara yang benar dengan yang salah). Sesungguhnya orang-orang yang kufur ingkar akan ayat-ayat keterangan Allah itu, bagi mereka azab seksa yang amat berat. Dan (ingatlah), Allah Maha Kuasa, lagi berhak membalas dengan azab seksa (kepada golongan yang bersalah).
[3:4] Bahasa Indonesia
sebelum (Al Quran), menjadi petunjuk bagi manusia, dan Dia menurunkan Al Furqaan. Sesungguhnya orang-orang yang kafir terhadap ayat-ayat Allah akan memperoleh siksa yang berat; dan Allah Maha Perkasa lagi mempunyai balasan (siksa).
[3:4] Quraish Shihab
Kedua kitab tersebut diturunkan sebelum al-Qur'ân agar dapat menjadi petunjuk bagi umat manusia. Ketika mereka menyeleweng dari ajarannya, Allah menurunkan al-Qur'ân sebagai pembeda antara kebenaran dan kebatilan, penjelas antara petunjuk dan kesesatan. Al-Qur'ân adalah kitab yang selalu benar. Siapa saja yang meninggalkan ajaran yang dikandung di dalamnya dan mengingkari ayat-ayatnya, akan mendapatkan siksaan yang pedih. Allah Mahakuasa. Tidak ada sesuatu apa pun yang dapat mengalahkan- Nya. Dia akan membalas siapa saja yang perlu dibalas.
[3:4] Tafsir Jalalayn
(Sebelumnya) artinya sebelum diturunkannya Alquran (menjadi petunjuk) hal dengan makna menunjukkan dari kesesatan (bagi manusia) bagi orang-orang yang mengikuti kedua kitab itu. Pada Taurat dan Injil 'menurunkan' dipakai kata-kata 'anzala', sedangkan pada Alquran dengan 'nazzala' yang berarti secara berulang-ulang, berbeda dengan Taurat dan Injil yang diturunkan sekaligus (dan diturunkan-Nya pula Al-Furqan) artinya kitab yang memisahkan antara yang hak dan yang batil dan disebutkannya secara keseluruhan. (Sesungguhnya orang-orang yang kafir terhadap ayat-ayat Allah) misalnya pada Alquran dan lainnya (bagi mereka disediakan siksa yang berat dan Allah Maha Tangguh) menguasai segala urusan sehingga tak suatu pun yang dapat menghalangi-Nya untuk menunaikan janji dan ancaman-Nya (dan mempunyai balasan siksa) artinya hukuman berat terhadap orang yang durhaka, yang tak dapat dilakukan oleh siapa pun.

  • امهات التفاسير
    • 00310 ت - تفسير جامع البيان في تفسير القرآن - تفسير الطبري
    • 00538 ت - تفسير الكشاف - تفسير الزمخشري
    • 00606 ت - تفسير مفاتيح الغيب التفسير الكبير - تفسير الرازي
    • 00671 ت - تفسير الجامع لأحكام القرآن - تفسير القرطبي
    • 00774 ت - تفسير القرآن الكريم - تفسير ابن كثير
    • 00685 ت - تفسير أنوار التنزيل وأسرار التأويل - تفسير البيضاوي
    • 00864 ت - تفسير الجلالين - تفسير المحلي والسيوطي
    • 01250 ت - تفسير فتح القدير - تفسير الشوكاني
  • تفاسير أهل السنة
    • 00817 ت - تفسير القرآن - تفسير الفيروز أبادي
    • 00375 ت - تفسير بحر العلوم - تفسير السمرقندي
    • 00450 ت - تفسير النكت والعيون - تفسير الماوردي
    • 00516 ت - تفسير معالم التنزيل - تفسير البغوي
    • 00546 ت - تفسير المحرر الوجيز في تفسير الكتاب العزيز - تفسير ابن عطية
    • 00597 ت - تفسير زاد المسير في علم التفسير - تفسير ابن الجوزي
    • 00660 ت - تفسير القرآن - تفسير ابن عبد السلام
    • 00710 ت - تفسير مدارك التنزيل وحقائق التأويل - تفسير النسفي
    • 00725 ت - تفسير لباب التأويل في معاني التنزيل - تفسير الخازن
    • 00754 ت - تفسير البحر المحيط - تفسير أبو حيان
    • 00803 ت - تفسير التفسير - تفسير ابن عرفة
    • 00728 ت - تفسير غرائب القرآن ورغائب الفرقان - تفسير القمي النيسابوري
    • 00875 ت - تفسير الجواهر الحسان في تفسير القرآن - تفسير الثعالبي
    • 00880 ت - تفسير اللباب في علوم الكتاب - تفسير ابن عادل
    • 00885 ت - تفسير نظم الدرر في تناسب الآيات والسور - تفسير البقاعي
    • 00911 ت - تفسير الدر المنثور في التفسير بالمأثور - تفسير السيوطي
    • 00951 ت - تفسير إرشاد العقل السليم إلى مزايا الكتاب الكريم - تفسير أبو السعود
    • 00150 ت - تفسير مقاتل ابن سليمان - تفسير مقاتل ابن سليمان
    • 00427 ت - تفسير الكشف والبيان - تفسير الثعلبي
    • 00104 ت - تفسير مجاهد - تفسير مجاهد ابن حبر المخزومي
    • 00756 ت - تفسير الدر المصون - تفسير السمين الحلبي
    • 00741 ت - تفسير التسهيل لعلوم التنزيل - تفسير ابن جزي الغرناطي
    • 00360 ت - تفسير التفسير الكبير - تفسير الطبراني
    • 00333 ت - تفسير تأويلات أهل السنة - تفسير الماتريدي
    • 01241 ت - تفسير حاشية الصاوي - تفسير الجلالين
    • 00161 ت - تفسير سفيان الثوري - تفسير عبد الله سفيان بن سعيد بن مسروق الثوري الكوفي
    • 00303 ت - تفسير النسائي - تفسير النسائي
    • 00211 ت - تفسير عبد الرزاق الصنعاني مصور - تفسير همام الصنعاني
    • 01332 ت - تفسير محاسن التأويل - تفسير محمد جمال الدين القاسمي
    • 01354 ت - تفسير المنار - تفسير محمد رشيد بن علي رضا
    • 00399 ت - تفسير القرآن العزيز - تفسير ابن أبي زمنين
    • 00330 ت - تفسير كتاب نزهة القلوب - تفسير أبى بكر السجستاني
    • 00548 ت - تفسير مجمع البيان في تفسير القرآن - تفسير الطبرسي
    • 00460 ت - تفسير التبيان الجامع لعلوم القرآن - تفسير الطوسي
    • 00283 ت - تفسير القرآن - تفسير التستري
  • تفاسير أهل السنة السلفية
    • 01921 م - تفسير أيسر التفاسير - تفسير أبو بكر الجزائري
    • 01376 ت - تفسير تيسير الكريم الرحمن في تفسير كلام المنان - عبد الرحمن بن ناصر بن السعدي
  • تفاسير حديثة
    • 01270 ت - تفسير روح المعاني - تفسير الألوسي
    • 01387 ت - تفسير في ظلال القرآن - تفسير سيد قطب
    • 01393 ت - تفسير التحرير والتنوير - تفسير ابن عاشور
    • 01393 ت - تفسير أضواء البيان في تفسير القرآن - تفسير الشنقيطي
    • 01418 ت - تفسير خواطر محمد متولي الشعراوي
    • 01431 ت - تفسير الوسيط في تفسير القرآن الكريم - تفسير طنطاوي
  • تفاسير مختصرة
    • 00468 ت - تفسير الوجيز - تفسير الواحدي
    • 00754 ت - تفسير النهر الماد - تفسير الأندلسي
  • تفاسير ميسرة
    • 01332 ت - تفسير تيسير التفسير - تفسير إطفيش
    • 01404 ت - تفسير تيسير التفسير - تفسير القطان
    • 00000 - تفسير المنتخب في تفسير القرآن الكريم - لجنة القرآن الكريم
    • 02011 ت - تفسير أيسر التفاسير - تفسير أسعد حومد
    • 01930 م - تفسير آيات الأحكام - تفسير الصابوني
    • 01930 م - تفسير مختصر تفسير ابن كثير - تفسير الصابوني
    • 01930 م - تفسير صفوة التفاسير - تفسير الصابوني