[2:24] Basmeih
Maka kalau kamu tidak dapat membuatnya, dan sudah tentu kamu tidak dapat membuatnya, maka peliharalah diri kamu dari api neraka yang bahan-bahan bakarannya: manusia dan batu-batu (berhala), (iaitu neraka) yang disediakan untuk orang-orang kafir.
[2:24] Bahasa Indonesia
Maka jika kamu tidak dapat membuat(nya) -- dan pasti kamu tidak akan dapat membuat(nya), peliharalah dirimu dari neraka yang bahan bakarnya manusia dan batu, yang disediakan bagi orang-orang kafir.
[2:24] Quraish Shihab
Jika kalian tidak dapat mendatangkan surat yang serupa--dan pasti kalian tidak akan bisa, sebab al-Qur'ân adalah kalam Tuhan, Sang Khalik, dan itu di luar kemampuan makhluk--maka yang harus kalian lakukan adalah menjauhi hal-hal yang dapat menjerumuskan kepada siksaan di akhirat, yaitu api yang bahan bakarnya terdiri atas orang-orang kafir dan patung-patung sembahan. Api tersebut disediakan untuk menyiksa orang-orang yang ingkar.
[2:24] Tafsir Jalalayn
Tatkala mereka tidak mampu memenuhi permintaan itu, maka Allah swt. berfirman, (Dan jika kamu tidak dapat melakukan) apa yang disebutkan itu disebabkan kelemahan dan ketidakmampuanmu (dan kamu pasti tidak akan dapat melakukannya) demikian itu untuk selama-lamanya disebabkan terhalang mukjizat Alquran itu, (maka jagalah dirimu dari neraka) dengan jalan beriman kepada Allah dan meyakini bahwa Alquran itu bukanlah ucapan manusia (yang kayu apinya terdiri dari manusia), yakni orang-orang kafir (dan batu), misalnya yang dipakai untuk membuat patung-patung atau berhala-berhala mereka. Maksudnya api neraka itu amat panas dan tambah menyala dengan bahan bakar manusia dan batu jadi bukan seperti api dunia yang hanya dapat dinyalakan dengan kayu bakar atau yang lainnya (yang disediakan bagi orang-orang kafir) sebagai alat untuk menyiksa mereka. Kalimat belakang ini dapat menjadi kalimat baru atau menunjukkan keadaan yang lazim.
- امهات التفاسير
- 00310 ت - تفسير جامع البيان في تفسير القرآن - تفسير الطبري
- 00538 ت - تفسير الكشاف - تفسير الزمخشري
- 00606 ت - تفسير مفاتيح الغيب التفسير الكبير - تفسير الرازي
- 00671 ت - تفسير الجامع لأحكام القرآن - تفسير القرطبي
- 00774 ت - تفسير القرآن الكريم - تفسير ابن كثير
- 00685 ت - تفسير أنوار التنزيل وأسرار التأويل - تفسير البيضاوي
- 00864 ت - تفسير الجلالين - تفسير المحلي والسيوطي
- 01250 ت - تفسير فتح القدير - تفسير الشوكاني
- تفاسير أهل السنة
- 00817 ت - تفسير القرآن - تفسير الفيروز أبادي
- 00375 ت - تفسير بحر العلوم - تفسير السمرقندي
- 00450 ت - تفسير النكت والعيون - تفسير الماوردي
- 00516 ت - تفسير معالم التنزيل - تفسير البغوي
- 00546 ت - تفسير المحرر الوجيز في تفسير الكتاب العزيز - تفسير ابن عطية
- 00597 ت - تفسير زاد المسير في علم التفسير - تفسير ابن الجوزي
- 00660 ت - تفسير القرآن - تفسير ابن عبد السلام
- 00710 ت - تفسير مدارك التنزيل وحقائق التأويل - تفسير النسفي
- 00725 ت - تفسير لباب التأويل في معاني التنزيل - تفسير الخازن
- 00754 ت - تفسير البحر المحيط - تفسير أبو حيان
- 00803 ت - تفسير التفسير - تفسير ابن عرفة
- 00728 ت - تفسير غرائب القرآن ورغائب الفرقان - تفسير القمي النيسابوري
- 00875 ت - تفسير الجواهر الحسان في تفسير القرآن - تفسير الثعالبي
- 00880 ت - تفسير اللباب في علوم الكتاب - تفسير ابن عادل
- 00885 ت - تفسير نظم الدرر في تناسب الآيات والسور - تفسير البقاعي
- 00911 ت - تفسير الدر المنثور في التفسير بالمأثور - تفسير السيوطي
- 00951 ت - تفسير إرشاد العقل السليم إلى مزايا الكتاب الكريم - تفسير أبو السعود
- 00150 ت - تفسير مقاتل ابن سليمان - تفسير مقاتل ابن سليمان
- 00427 ت - تفسير الكشف والبيان - تفسير الثعلبي
- 00104 ت - تفسير مجاهد - تفسير مجاهد ابن حبر المخزومي
- 00756 ت - تفسير الدر المصون - تفسير السمين الحلبي
- 00741 ت - تفسير التسهيل لعلوم التنزيل - تفسير ابن جزي الغرناطي
- 00360 ت - تفسير التفسير الكبير - تفسير الطبراني
- 00333 ت - تفسير تأويلات أهل السنة - تفسير الماتريدي
- 01241 ت - تفسير حاشية الصاوي - تفسير الجلالين
- 00161 ت - تفسير سفيان الثوري - تفسير عبد الله سفيان بن سعيد بن مسروق الثوري الكوفي
- 00303 ت - تفسير النسائي - تفسير النسائي
- 00211 ت - تفسير عبد الرزاق الصنعاني مصور - تفسير همام الصنعاني
- 01332 ت - تفسير محاسن التأويل - تفسير محمد جمال الدين القاسمي
- 01354 ت - تفسير المنار - تفسير محمد رشيد بن علي رضا
- 00399 ت - تفسير القرآن العزيز - تفسير ابن أبي زمنين
- 00330 ت - تفسير كتاب نزهة القلوب - تفسير أبى بكر السجستاني
- 00548 ت - تفسير مجمع البيان في تفسير القرآن - تفسير الطبرسي
- 00460 ت - تفسير التبيان الجامع لعلوم القرآن - تفسير الطوسي
- 00283 ت - تفسير القرآن - تفسير التستري
- تفاسير أهل السنة السلفية
- 01921 م - تفسير أيسر التفاسير - تفسير أبو بكر الجزائري
- 01376 ت - تفسير تيسير الكريم الرحمن في تفسير كلام المنان - عبد الرحمن بن ناصر بن السعدي
- تفاسير حديثة
- 01270 ت - تفسير روح المعاني - تفسير الألوسي
- 01387 ت - تفسير في ظلال القرآن - تفسير سيد قطب
- 01393 ت - تفسير التحرير والتنوير - تفسير ابن عاشور
- 01393 ت - تفسير أضواء البيان في تفسير القرآن - تفسير الشنقيطي
- 01418 ت - تفسير خواطر محمد متولي الشعراوي
- 01431 ت - تفسير الوسيط في تفسير القرآن الكريم - تفسير طنطاوي
- تفاسير مختصرة
- 00468 ت - تفسير الوجيز - تفسير الواحدي
- 00754 ت - تفسير النهر الماد - تفسير الأندلسي
- تفاسير ميسرة
- 01332 ت - تفسير تيسير التفسير - تفسير إطفيش
- 01404 ت - تفسير تيسير التفسير - تفسير القطان
- 00000 - تفسير المنتخب في تفسير القرآن الكريم - لجنة القرآن الكريم
- 02011 ت - تفسير أيسر التفاسير - تفسير أسعد حومد
- 01930 م - تفسير آيات الأحكام - تفسير الصابوني
- 01930 م - تفسير مختصر تفسير ابن كثير - تفسير الصابوني
- 01930 م - تفسير صفوة التفاسير - تفسير الصابوني