Saturday, 22 August 2015

سورة الأنعام آية 0027



[6:27] Basmeih
Dan sungguh ngeri jika engkau melihat ketika mereka didirikan di tepi neraka (untuk menyaksikan azabnya yang tidak terperi), lalu mereka berkata: "Wahai kiranya kami dikembalikan ke dunia, dan kami tidak akan mendustakan lagi ayat-ayat keterangan Tuhan kami, dan menjadilah kami dari golongan yang beriman".
[6:27] Bahasa Indonesia
Dan jika kamu (Muhammad) melihat ketika mereka dihadapkan ke neraka, lalu mereka berkata: "Kiranya kami dikembalikan (ke dunia) dan tidak mendustakan ayat-ayat Tuhan kami, serta menjadi orang-orang yang beriman", (tentulah kamu melihat suatu peristiwa yang mengharukan).
[6:27] Quraish Shihab
Jika kamu, Muhammad, melihat orang-orang kafir itu saat berdiri di ambang neraka, dan mereka mulai merasakan kepedihan-kepedihannya, pasti kamu akan melihat hal yang aneh dan hebat. Karena mereka berangan-angan untuk kembali ke dunia dan mengatakan, "Andai kata kami dikembalikan ke dunia untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan yang pernah kami perbuat, tidak membohongi ayat-ayat Allah dan menjadi orang-orang Mukmin."
[6:27] Tafsir Jalalayn
(Dan jika kamu melihat) hai Muhammad (ketika mereka dihadapkan) dikemukakan (ke neraka lalu mereka berkata, "Hai kiranya) ungkapan penyesalan (kami dikembalikan) ke dunia (dan tidak mendustakan ayat-ayat Tuhan kami serta menjadi orang-orang yang beriman.") kalau dibaca rafa' kedua fi'ilnya menjadi jumlah istinaf atau kalimat permulaan, jika dibaca nashab keduanya menjadi jawab dari tamanniy, demikian pula bila dibaca rafa' fi'ilnya yang pertama serta dibaca nashab fi'ilnya yang kedua. Sedang jawab dari lau/seandainya ialah: tentu kamu melihat suatu peristiwa yang besar.

  • امهات التفاسير
    • 00310 ت - تفسير جامع البيان في تفسير القرآن - تفسير الطبري
    • 00538 ت - تفسير الكشاف - تفسير الزمخشري
    • 00606 ت - تفسير مفاتيح الغيب التفسير الكبير - تفسير الرازي
    • 00671 ت - تفسير الجامع لأحكام القرآن - تفسير القرطبي
    • 00774 ت - تفسير القرآن الكريم - تفسير ابن كثير
    • 00685 ت - تفسير أنوار التنزيل وأسرار التأويل - تفسير البيضاوي
    • 00864 ت - تفسير الجلالين - تفسير المحلي والسيوطي
    • 01250 ت - تفسير فتح القدير - تفسير الشوكاني
  • تفاسير أهل السنة
    • 00817 ت - تفسير القرآن - تفسير الفيروز أبادي
    • 00375 ت - تفسير بحر العلوم - تفسير السمرقندي
    • 00450 ت - تفسير النكت والعيون - تفسير الماوردي
    • 00516 ت - تفسير معالم التنزيل - تفسير البغوي
    • 00546 ت - تفسير المحرر الوجيز في تفسير الكتاب العزيز - تفسير ابن عطية
    • 00597 ت - تفسير زاد المسير في علم التفسير - تفسير ابن الجوزي
    • 00660 ت - تفسير القرآن - تفسير ابن عبد السلام
    • 00710 ت - تفسير مدارك التنزيل وحقائق التأويل - تفسير النسفي
    • 00725 ت - تفسير لباب التأويل في معاني التنزيل - تفسير الخازن
    • 00754 ت - تفسير البحر المحيط - تفسير أبو حيان
    • 00803 ت - تفسير التفسير - تفسير ابن عرفة
    • 00728 ت - تفسير غرائب القرآن ورغائب الفرقان - تفسير القمي النيسابوري
    • 00875 ت - تفسير الجواهر الحسان في تفسير القرآن - تفسير الثعالبي
    • 00880 ت - تفسير اللباب في علوم الكتاب - تفسير ابن عادل
    • 00885 ت - تفسير نظم الدرر في تناسب الآيات والسور - تفسير البقاعي
    • 00911 ت - تفسير الدر المنثور في التفسير بالمأثور - تفسير السيوطي
    • 00951 ت - تفسير إرشاد العقل السليم إلى مزايا الكتاب الكريم - تفسير أبو السعود
    • 00150 ت - تفسير مقاتل ابن سليمان - تفسير مقاتل ابن سليمان
    • 00427 ت - تفسير الكشف والبيان - تفسير الثعلبي
    • 00104 ت - تفسير مجاهد - تفسير مجاهد ابن حبر المخزومي
    • 00756 ت - تفسير الدر المصون - تفسير السمين الحلبي
    • 00741 ت - تفسير التسهيل لعلوم التنزيل - تفسير ابن جزي الغرناطي
    • 00360 ت - تفسير التفسير الكبير - تفسير الطبراني
    • 00333 ت - تفسير تأويلات أهل السنة - تفسير الماتريدي
    • 01241 ت - تفسير حاشية الصاوي - تفسير الجلالين
    • 00161 ت - تفسير سفيان الثوري - تفسير عبد الله سفيان بن سعيد بن مسروق الثوري الكوفي
    • 00303 ت - تفسير النسائي - تفسير النسائي
    • 00211 ت - تفسير عبد الرزاق الصنعاني مصور - تفسير همام الصنعاني
    • 01332 ت - تفسير محاسن التأويل - تفسير محمد جمال الدين القاسمي
    • 01354 ت - تفسير المنار - تفسير محمد رشيد بن علي رضا
    • 00399 ت - تفسير القرآن العزيز - تفسير ابن أبي زمنين
    • 00330 ت - تفسير كتاب نزهة القلوب - تفسير أبى بكر السجستاني
    • 00548 ت - تفسير مجمع البيان في تفسير القرآن - تفسير الطبرسي
    • 00460 ت - تفسير التبيان الجامع لعلوم القرآن - تفسير الطوسي
    • 00283 ت - تفسير القرآن - تفسير التستري
  • تفاسير أهل السنة السلفية
    • 01921 م - تفسير أيسر التفاسير - تفسير أبو بكر الجزائري
    • 01376 ت - تفسير تيسير الكريم الرحمن في تفسير كلام المنان - عبد الرحمن بن ناصر بن السعدي
  • تفاسير حديثة
    • 01270 ت - تفسير روح المعاني - تفسير الألوسي
    • 01387 ت - تفسير في ظلال القرآن - تفسير سيد قطب
    • 01393 ت - تفسير التحرير والتنوير - تفسير ابن عاشور
    • 01393 ت - تفسير أضواء البيان في تفسير القرآن - تفسير الشنقيطي
    • 01418 ت - تفسير خواطر محمد متولي الشعراوي
    • 01431 ت - تفسير الوسيط في تفسير القرآن الكريم - تفسير طنطاوي
  • تفاسير مختصرة
    • 00468 ت - تفسير الوجيز - تفسير الواحدي
    • 00754 ت - تفسير النهر الماد - تفسير الأندلسي
  • تفاسير ميسرة
    • 01332 ت - تفسير تيسير التفسير - تفسير إطفيش
    • 01404 ت - تفسير تيسير التفسير - تفسير القطان
    • 00000 - تفسير المنتخب في تفسير القرآن الكريم - لجنة القرآن الكريم
    • 02011 ت - تفسير أيسر التفاسير - تفسير أسعد حومد
    • 01930 م - تفسير آيات الأحكام - تفسير الصابوني
    • 01930 م - تفسير مختصر تفسير ابن كثير - تفسير الصابوني
    • 01930 م - تفسير صفوة التفاسير - تفسير الصابوني