[6:28] Basmeih
(Mereka mengatakan yang demikian bukanlah kerana hendak beriman) bahkan setelah nyata kepada mereka apa yang mereka selalu sembunyikan dahulu; dan kalau mereka dikembalikan ke dunia sekalipun, tentulah mereka akan mengulangi lagi apa yang mereka dilarang dari melakukannya; dan sesungguhnya mereka adalah tetap pendusta.
[6:28] Bahasa Indonesia
Tetapi (sebenarnya) telah nyata bagi mereka kejahatan yang mereka dahulu selalu menyembunyikannya. Sekiranya mereka dikembalikan ke dunia, tentulah mereka kembali kepada apa yang mereka telah dilarang mengerjakannya. Dan sesungguhnya mereka itu adalah pendusta belaka.
[6:28] Quraish Shihab
Mereka mengatakan itu karena telah terwujud suatu hal yang pernah diberitahukan Rasulullah dan tidak mungkin disembunyikan dan dipungkiri lagi. Apabila mereka dikembalikan ke dunia seperti mereka yang mereka angan-angankan, mereka pasti akan kembali kepada kekufuran yang telah dilarang oleh Allah, karena tertipu oleh hiasan-hiasannya dan menuruti hawa nafsu. Mereka benar-benar bohong atas pengakuan iman, bila dikembalikan ke dunia."
[6:28] Tafsir Jalalayn
Allah berfirman (Tetapi) sebagai sanggahan terhadap kemauan mereka untuk beriman; pengertian ini dipahami dari makna tamanniy tadi (telah nyata) telah jelas (bagi mereka apa yang dahulu mereka menyembunyikannya) apa yang tersimpan dalam hati mereka yang dahulu mereka mengatakan, bahwa demi Allah, Tuhan kami, kami bukanlah orang-orang musyrik terhadap Allah. Hal itu terungkapkan berkat kesaksian anggota-anggota tubuh mereka, sehingga mereka mengharapkan (Sekiranya mereka dikembalikan) ke dunia secara perkiraan (tentulah mereka kembali kepada apa yang mereka telah dilarang mengerjakannya) yaitu perbuatan syirik (dan sesungguhnya mereka itu adalah pendusta-pendusta belaka) dalam janji mereka yang menyatakan sedia untuk beriman.
- امهات التفاسير
- 00310 ت - تفسير جامع البيان في تفسير القرآن - تفسير الطبري
- 00538 ت - تفسير الكشاف - تفسير الزمخشري
- 00606 ت - تفسير مفاتيح الغيب التفسير الكبير - تفسير الرازي
- 00671 ت - تفسير الجامع لأحكام القرآن - تفسير القرطبي
- 00774 ت - تفسير القرآن الكريم - تفسير ابن كثير
- 00685 ت - تفسير أنوار التنزيل وأسرار التأويل - تفسير البيضاوي
- 00864 ت - تفسير الجلالين - تفسير المحلي والسيوطي
- 01250 ت - تفسير فتح القدير - تفسير الشوكاني
- تفاسير أهل السنة
- 00817 ت - تفسير القرآن - تفسير الفيروز أبادي
- 00375 ت - تفسير بحر العلوم - تفسير السمرقندي
- 00450 ت - تفسير النكت والعيون - تفسير الماوردي
- 00516 ت - تفسير معالم التنزيل - تفسير البغوي
- 00546 ت - تفسير المحرر الوجيز في تفسير الكتاب العزيز - تفسير ابن عطية
- 00597 ت - تفسير زاد المسير في علم التفسير - تفسير ابن الجوزي
- 00660 ت - تفسير القرآن - تفسير ابن عبد السلام
- 00710 ت - تفسير مدارك التنزيل وحقائق التأويل - تفسير النسفي
- 00725 ت - تفسير لباب التأويل في معاني التنزيل - تفسير الخازن
- 00754 ت - تفسير البحر المحيط - تفسير أبو حيان
- 00803 ت - تفسير التفسير - تفسير ابن عرفة
- 00728 ت - تفسير غرائب القرآن ورغائب الفرقان - تفسير القمي النيسابوري
- 00875 ت - تفسير الجواهر الحسان في تفسير القرآن - تفسير الثعالبي
- 00880 ت - تفسير اللباب في علوم الكتاب - تفسير ابن عادل
- 00885 ت - تفسير نظم الدرر في تناسب الآيات والسور - تفسير البقاعي
- 00911 ت - تفسير الدر المنثور في التفسير بالمأثور - تفسير السيوطي
- 00951 ت - تفسير إرشاد العقل السليم إلى مزايا الكتاب الكريم - تفسير أبو السعود
- 00150 ت - تفسير مقاتل ابن سليمان - تفسير مقاتل ابن سليمان
- 00427 ت - تفسير الكشف والبيان - تفسير الثعلبي
- 00104 ت - تفسير مجاهد - تفسير مجاهد ابن حبر المخزومي
- 00756 ت - تفسير الدر المصون - تفسير السمين الحلبي
- 00741 ت - تفسير التسهيل لعلوم التنزيل - تفسير ابن جزي الغرناطي
- 00360 ت - تفسير التفسير الكبير - تفسير الطبراني
- 00333 ت - تفسير تأويلات أهل السنة - تفسير الماتريدي
- 01241 ت - تفسير حاشية الصاوي - تفسير الجلالين
- 00161 ت - تفسير سفيان الثوري - تفسير عبد الله سفيان بن سعيد بن مسروق الثوري الكوفي
- 00303 ت - تفسير النسائي - تفسير النسائي
- 00211 ت - تفسير عبد الرزاق الصنعاني مصور - تفسير همام الصنعاني
- 01332 ت - تفسير محاسن التأويل - تفسير محمد جمال الدين القاسمي
- 01354 ت - تفسير المنار - تفسير محمد رشيد بن علي رضا
- 00399 ت - تفسير القرآن العزيز - تفسير ابن أبي زمنين
- 00330 ت - تفسير كتاب نزهة القلوب - تفسير أبى بكر السجستاني
- 00548 ت - تفسير مجمع البيان في تفسير القرآن - تفسير الطبرسي
- 00460 ت - تفسير التبيان الجامع لعلوم القرآن - تفسير الطوسي
- 00283 ت - تفسير القرآن - تفسير التستري
- تفاسير أهل السنة السلفية
- 01921 م - تفسير أيسر التفاسير - تفسير أبو بكر الجزائري
- 01376 ت - تفسير تيسير الكريم الرحمن في تفسير كلام المنان - عبد الرحمن بن ناصر بن السعدي
- تفاسير حديثة
- 01270 ت - تفسير روح المعاني - تفسير الألوسي
- 01387 ت - تفسير في ظلال القرآن - تفسير سيد قطب
- 01393 ت - تفسير التحرير والتنوير - تفسير ابن عاشور
- 01393 ت - تفسير أضواء البيان في تفسير القرآن - تفسير الشنقيطي
- 01418 ت - تفسير خواطر محمد متولي الشعراوي
- 01431 ت - تفسير الوسيط في تفسير القرآن الكريم - تفسير طنطاوي
- تفاسير مختصرة
- 00468 ت - تفسير الوجيز - تفسير الواحدي
- 00754 ت - تفسير النهر الماد - تفسير الأندلسي
- تفاسير ميسرة
- 01332 ت - تفسير تيسير التفسير - تفسير إطفيش
- 01404 ت - تفسير تيسير التفسير - تفسير القطان
- 00000 - تفسير المنتخب في تفسير القرآن الكريم - لجنة القرآن الكريم
- 02011 ت - تفسير أيسر التفاسير - تفسير أسعد حومد
- 01930 م - تفسير آيات الأحكام - تفسير الصابوني
- 01930 م - تفسير مختصر تفسير ابن كثير - تفسير الصابوني
- 01930 م - تفسير صفوة التفاسير - تفسير الصابوني