[6:34] Basmeih
Dan demi sesungguhnya, Rasul-rasul sebelummu pernah juga didustakan, maka mereka sabar terhadap perbuatan orang-orang yang mendustakan mereka dan menyakiti mereka, sehingga datanglah pertolongan Kami kepada mereka; dan sememangnyalah tiada sesiapa pun yang dapat mengubah Kalimah-kalimah Allah (janji-janjiNya); dan demi sesungguhnya, telah datang kepadamu sebahagian dari khabar berita Rasul-rasul itu.
[6:34] Bahasa Indonesia
Dan sesungguhnya telah didustakan (pula) rasul-rasul sebelum kamu, akan tetapi mereka sabar terhadap pendustaan dan penganiayaan (yang dilakukan) terhadap mereka, sampai datang pertolongan Allah kepada mereka. Tak ada seorangpun yang dapat merubah kalimat-kalimat (janji-janji) Allah. Dan sesungguhnya telah datang kepadamu sebahagian dari berita rasul-rasul itu.
[6:34] Quraish Shihab
Sungguh rasul-rasul sebelummu telah disambut oleh kaum mereka dengan pembohongan dan penganiayaan sebagaimana yang dilakukan kaummu terhadap dirimu. Tetapi mereka bersabar hingga Kami menolong mereka. Dari itu bersabarlah, wahai Nabi, sampai datang pertolongan Kami. Tidak ada yang bisa mengubah janji Allah untuk menolong orang-orang yang sabar. Hal itu pasti akan terpenuhi. Kami benar- benar telah menceritakan kepadamu berita-berita tentang para rasul dan dukungan Kami untuk mereka itu, karena mengandung suatu hiburan buat dirimu dalam mengemban tugas kerasulan.
[6:34] Tafsir Jalalayn
(Dan sungguh telah didustakan pula rasul-rasul sebelumnya) dalam ayat ini terkandung makna yang menghibur diri Nabi saw. (akan tetapi mereka sabar dalam menghadapi pendustaan dan penganiayaan yang dilakukan terhadap mereka sampai datang pertolongan Kami kepada mereka) untuk membinasakan kaumnya; maka bersabarlah kamu sehingga datang pertolongan-Ku yang akan membinasakan kaummu. (Tak ada seorang pun yang dapat merubah kalimat-kalimat Allah) janji-janji-Nya (Dan sesungguhnya telah datang kepadamu sebagian dari berita rasul-rasul itu) yang dapat menenangkan hatimu.
- امهات التفاسير
- 00310 ت - تفسير جامع البيان في تفسير القرآن - تفسير الطبري
- 00538 ت - تفسير الكشاف - تفسير الزمخشري
- 00606 ت - تفسير مفاتيح الغيب التفسير الكبير - تفسير الرازي
- 00671 ت - تفسير الجامع لأحكام القرآن - تفسير القرطبي
- 00774 ت - تفسير القرآن الكريم - تفسير ابن كثير
- 00685 ت - تفسير أنوار التنزيل وأسرار التأويل - تفسير البيضاوي
- 00864 ت - تفسير الجلالين - تفسير المحلي والسيوطي
- 01250 ت - تفسير فتح القدير - تفسير الشوكاني
- تفاسير أهل السنة
- 00817 ت - تفسير القرآن - تفسير الفيروز أبادي
- 00375 ت - تفسير بحر العلوم - تفسير السمرقندي
- 00450 ت - تفسير النكت والعيون - تفسير الماوردي
- 00516 ت - تفسير معالم التنزيل - تفسير البغوي
- 00546 ت - تفسير المحرر الوجيز في تفسير الكتاب العزيز - تفسير ابن عطية
- 00597 ت - تفسير زاد المسير في علم التفسير - تفسير ابن الجوزي
- 00660 ت - تفسير القرآن - تفسير ابن عبد السلام
- 00710 ت - تفسير مدارك التنزيل وحقائق التأويل - تفسير النسفي
- 00725 ت - تفسير لباب التأويل في معاني التنزيل - تفسير الخازن
- 00754 ت - تفسير البحر المحيط - تفسير أبو حيان
- 00803 ت - تفسير التفسير - تفسير ابن عرفة
- 00728 ت - تفسير غرائب القرآن ورغائب الفرقان - تفسير القمي النيسابوري
- 00875 ت - تفسير الجواهر الحسان في تفسير القرآن - تفسير الثعالبي
- 00880 ت - تفسير اللباب في علوم الكتاب - تفسير ابن عادل
- 00885 ت - تفسير نظم الدرر في تناسب الآيات والسور - تفسير البقاعي
- 00911 ت - تفسير الدر المنثور في التفسير بالمأثور - تفسير السيوطي
- 00951 ت - تفسير إرشاد العقل السليم إلى مزايا الكتاب الكريم - تفسير أبو السعود
- 00150 ت - تفسير مقاتل ابن سليمان - تفسير مقاتل ابن سليمان
- 00427 ت - تفسير الكشف والبيان - تفسير الثعلبي
- 00104 ت - تفسير مجاهد - تفسير مجاهد ابن حبر المخزومي
- 00756 ت - تفسير الدر المصون - تفسير السمين الحلبي
- 00741 ت - تفسير التسهيل لعلوم التنزيل - تفسير ابن جزي الغرناطي
- 00360 ت - تفسير التفسير الكبير - تفسير الطبراني
- 00333 ت - تفسير تأويلات أهل السنة - تفسير الماتريدي
- 01241 ت - تفسير حاشية الصاوي - تفسير الجلالين
- 00161 ت - تفسير سفيان الثوري - تفسير عبد الله سفيان بن سعيد بن مسروق الثوري الكوفي
- 00303 ت - تفسير النسائي - تفسير النسائي
- 00211 ت - تفسير عبد الرزاق الصنعاني مصور - تفسير همام الصنعاني
- 01332 ت - تفسير محاسن التأويل - تفسير محمد جمال الدين القاسمي
- 01354 ت - تفسير المنار - تفسير محمد رشيد بن علي رضا
- 00399 ت - تفسير القرآن العزيز - تفسير ابن أبي زمنين
- 00330 ت - تفسير كتاب نزهة القلوب - تفسير أبى بكر السجستاني
- 00548 ت - تفسير مجمع البيان في تفسير القرآن - تفسير الطبرسي
- 00460 ت - تفسير التبيان الجامع لعلوم القرآن - تفسير الطوسي
- 00283 ت - تفسير القرآن - تفسير التستري
- تفاسير أهل السنة السلفية
- 01921 م - تفسير أيسر التفاسير - تفسير أبو بكر الجزائري
- 01376 ت - تفسير تيسير الكريم الرحمن في تفسير كلام المنان - عبد الرحمن بن ناصر بن السعدي
- تفاسير حديثة
- 01270 ت - تفسير روح المعاني - تفسير الألوسي
- 01387 ت - تفسير في ظلال القرآن - تفسير سيد قطب
- 01393 ت - تفسير التحرير والتنوير - تفسير ابن عاشور
- 01393 ت - تفسير أضواء البيان في تفسير القرآن - تفسير الشنقيطي
- 01418 ت - تفسير خواطر محمد متولي الشعراوي
- 01431 ت - تفسير الوسيط في تفسير القرآن الكريم - تفسير طنطاوي
- تفاسير مختصرة
- 00468 ت - تفسير الوجيز - تفسير الواحدي
- 00754 ت - تفسير النهر الماد - تفسير الأندلسي
- تفاسير ميسرة
- 01332 ت - تفسير تيسير التفسير - تفسير إطفيش
- 01404 ت - تفسير تيسير التفسير - تفسير القطان
- 00000 - تفسير المنتخب في تفسير القرآن الكريم - لجنة القرآن الكريم
- 02011 ت - تفسير أيسر التفاسير - تفسير أسعد حومد
- 01930 م - تفسير آيات الأحكام - تفسير الصابوني
- 01930 م - تفسير مختصر تفسير ابن كثير - تفسير الصابوني
- 01930 م - تفسير صفوة التفاسير - تفسير الصابوني