Saturday, 22 August 2015

سورة الأنعام آية 0035



[6:35] Basmeih
Dan jika perbuatan mereka berpaling (daripada menerima apa yang engkau bawa wahai Muhammad) terasa amat berat kepadamu; maka sekiranya engkau sanggup mencari satu lubang di bumi (untuk menembusi ke bawahnya) atau satu tangga untuk naik ke langit, supaya engkau dapat bawakan mukjizat kepada mereka, (cubalah lakukan jika engkau sanggup). Dan sekiranya Allah menghendaki, tentulah ia himpunkan mereka atas hidayah petunjuk. (Tetapi Allah tidak menghendakinya), oleh itu janganlah engkau menjadi dari orang-orang yang jahil.
[6:35] Bahasa Indonesia
Dan jika perpalingan mereka (darimu) terasa amat berat bagimu, maka jika kamu dapat membuat lobang di bumi atau tangga ke langit lalu kamu dapat mendatangkan mukjizat kepada mereka (maka buatlah). Kalau Allah menghendaki, tentu saja Allah menjadikan mereka semua dalam petunjuk sebab itu janganlah sekali-kali kamu termasuk orang-orang yang jahil
[6:35] Quraish Shihab
Apabila berpalingnya mereka dari seruanmu itu memberatkanmu, dan kamu bisa membuat jalan di dalam perut bumi atau tangga menuju langit untuk mencari bukti kebenaranmu, lakukanlah! Tetapi hal itu di luar kemampuanmu. Oleh karena itu, jangan bebani dirimu dan terimalah ketentuan Tuhanmu. Karena, apabila Allah menghendaki untuk memberi petunjuk kepada mereka, niscaya Dia akan memaksa mereka untuk mempercayai pesan suci yang kamu bawa. Tetapi Dia membiarkan mereka bebas memilih. Maka jangan sekali-kali kamu termasuk orang-orang yang tidak tahu ketentuan dan hukum-Nya yang berlaku pada makhluk!
[6:35] Tafsir Jalalayn
(Dan jika makin bertambah besar) makin menjadi (berpalingnya mereka darimu) dari agama Islam padahal kamu masih berharap agar mereka beriman (maka jika kamu dapat membuat lubang) membuat terowongan (di bumi atau tangga) alat untuk naik (ke langit lalu kamu dapat mendatangkan mukjizat kepada mereka) sesuai dengan apa yang mereka minta, maka lakukanlah. Artinya sesungguhnya kamu tidak akan kuat untuk melakukan hal itu oleh karena itu bersabarlah hingga datang kepada mereka keputusan Allah. (Dan kalau Allah menghendaki) memberikan hidayah kepada mereka (tentu saja Allah menjadikan mereka semua dalam petunjuk) akan tetapi Ia tidak menghendaki demikian oleh karenanya mereka tidak mau beriman (janganlah kamu sekali-kali termasuk orang-orang jahil) mengenai hal itu.

  • امهات التفاسير
    • 00310 ت - تفسير جامع البيان في تفسير القرآن - تفسير الطبري
    • 00538 ت - تفسير الكشاف - تفسير الزمخشري
    • 00606 ت - تفسير مفاتيح الغيب التفسير الكبير - تفسير الرازي
    • 00671 ت - تفسير الجامع لأحكام القرآن - تفسير القرطبي
    • 00774 ت - تفسير القرآن الكريم - تفسير ابن كثير
    • 00685 ت - تفسير أنوار التنزيل وأسرار التأويل - تفسير البيضاوي
    • 00864 ت - تفسير الجلالين - تفسير المحلي والسيوطي
    • 01250 ت - تفسير فتح القدير - تفسير الشوكاني
  • تفاسير أهل السنة
    • 00817 ت - تفسير القرآن - تفسير الفيروز أبادي
    • 00375 ت - تفسير بحر العلوم - تفسير السمرقندي
    • 00450 ت - تفسير النكت والعيون - تفسير الماوردي
    • 00516 ت - تفسير معالم التنزيل - تفسير البغوي
    • 00546 ت - تفسير المحرر الوجيز في تفسير الكتاب العزيز - تفسير ابن عطية
    • 00597 ت - تفسير زاد المسير في علم التفسير - تفسير ابن الجوزي
    • 00660 ت - تفسير القرآن - تفسير ابن عبد السلام
    • 00710 ت - تفسير مدارك التنزيل وحقائق التأويل - تفسير النسفي
    • 00725 ت - تفسير لباب التأويل في معاني التنزيل - تفسير الخازن
    • 00754 ت - تفسير البحر المحيط - تفسير أبو حيان
    • 00803 ت - تفسير التفسير - تفسير ابن عرفة
    • 00728 ت - تفسير غرائب القرآن ورغائب الفرقان - تفسير القمي النيسابوري
    • 00875 ت - تفسير الجواهر الحسان في تفسير القرآن - تفسير الثعالبي
    • 00880 ت - تفسير اللباب في علوم الكتاب - تفسير ابن عادل
    • 00885 ت - تفسير نظم الدرر في تناسب الآيات والسور - تفسير البقاعي
    • 00911 ت - تفسير الدر المنثور في التفسير بالمأثور - تفسير السيوطي
    • 00951 ت - تفسير إرشاد العقل السليم إلى مزايا الكتاب الكريم - تفسير أبو السعود
    • 00150 ت - تفسير مقاتل ابن سليمان - تفسير مقاتل ابن سليمان
    • 00427 ت - تفسير الكشف والبيان - تفسير الثعلبي
    • 00104 ت - تفسير مجاهد - تفسير مجاهد ابن حبر المخزومي
    • 00756 ت - تفسير الدر المصون - تفسير السمين الحلبي
    • 00741 ت - تفسير التسهيل لعلوم التنزيل - تفسير ابن جزي الغرناطي
    • 00360 ت - تفسير التفسير الكبير - تفسير الطبراني
    • 00333 ت - تفسير تأويلات أهل السنة - تفسير الماتريدي
    • 01241 ت - تفسير حاشية الصاوي - تفسير الجلالين
    • 00161 ت - تفسير سفيان الثوري - تفسير عبد الله سفيان بن سعيد بن مسروق الثوري الكوفي
    • 00303 ت - تفسير النسائي - تفسير النسائي
    • 00211 ت - تفسير عبد الرزاق الصنعاني مصور - تفسير همام الصنعاني
    • 01332 ت - تفسير محاسن التأويل - تفسير محمد جمال الدين القاسمي
    • 01354 ت - تفسير المنار - تفسير محمد رشيد بن علي رضا
    • 00399 ت - تفسير القرآن العزيز - تفسير ابن أبي زمنين
    • 00330 ت - تفسير كتاب نزهة القلوب - تفسير أبى بكر السجستاني
    • 00548 ت - تفسير مجمع البيان في تفسير القرآن - تفسير الطبرسي
    • 00460 ت - تفسير التبيان الجامع لعلوم القرآن - تفسير الطوسي
    • 00283 ت - تفسير القرآن - تفسير التستري
  • تفاسير أهل السنة السلفية
    • 01921 م - تفسير أيسر التفاسير - تفسير أبو بكر الجزائري
    • 01376 ت - تفسير تيسير الكريم الرحمن في تفسير كلام المنان - عبد الرحمن بن ناصر بن السعدي
  • تفاسير حديثة
    • 01270 ت - تفسير روح المعاني - تفسير الألوسي
    • 01387 ت - تفسير في ظلال القرآن - تفسير سيد قطب
    • 01393 ت - تفسير التحرير والتنوير - تفسير ابن عاشور
    • 01393 ت - تفسير أضواء البيان في تفسير القرآن - تفسير الشنقيطي
    • 01418 ت - تفسير خواطر محمد متولي الشعراوي
    • 01431 ت - تفسير الوسيط في تفسير القرآن الكريم - تفسير طنطاوي
  • تفاسير مختصرة
    • 00468 ت - تفسير الوجيز - تفسير الواحدي
    • 00754 ت - تفسير النهر الماد - تفسير الأندلسي
  • تفاسير ميسرة
    • 01332 ت - تفسير تيسير التفسير - تفسير إطفيش
    • 01404 ت - تفسير تيسير التفسير - تفسير القطان
    • 00000 - تفسير المنتخب في تفسير القرآن الكريم - لجنة القرآن الكريم
    • 02011 ت - تفسير أيسر التفاسير - تفسير أسعد حومد
    • 01930 م - تفسير آيات الأحكام - تفسير الصابوني
    • 01930 م - تفسير مختصر تفسير ابن كثير - تفسير الصابوني
    • 01930 م - تفسير صفوة التفاسير - تفسير الصابوني