[3:14] Basmeih
Dihiaskan (dan dijadikan indah) kepada manusia: kesukaan kepada benda-benda yang diingini nafsu, iaitu perempuan-perempuan dan anak-pinak; harta benda yang banyak bertimbun-timbun, dari emas dan perak; kuda peliharaan yang bertanda lagi terlatih; dan binatang-binatang ternak serta kebun-kebun tanaman. Semuanya itu ialah kesenangan hidup di dunia. Dan (ingatlah), pada sisi Allah ada tempat kembali yang sebaik-baiknya (iaitu Syurga).
[3:14] Bahasa Indonesia
Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga).
[3:14] Quraish Shihab
Manusia dijadikan fitrahnya cinta kepada apa-apa yang diinginkan, yaitu wanita, anak-anak, emas dan perak yang banyak, kuda bagus yang terlatih, binatang ternak seperti unta, sapi dan domba. Kecintaan itu juga tercermin pada sawah ladang yang luas. Akan tetapi semua itu adalah kesenangan hidup di dunia yang fana. Tidak berarti apa-apa jika dibandingkan dengan kemurahan Allah kepada hamba-hamba-Nya yang berjuang di jalan-Nya ketika kembali kepada-Nya di akhirat nanti.
[3:14] Tafsir Jalalayn
(Dijadikan indah pada pandangan manusia kecintaan kepada syahwat) yakni segala yang disenangi serta diingini nafsu sebagai cobaan dari Allah atau tipu daya dari setan (yaitu wanita-wanita, anak-anak dan harta yang banyak) yang berlimpah dan telah berkumpul (berupa emas, perak, kuda-kuda yang tampan) atau baik (binatang ternak) yakni sapi dan kambing (dan sawah ladang) atau tanam-tanaman. (Demikian itu) yakni yang telah disebutkan tadi (merupakan kesenangan hidup dunia) di dunia manusia hidup bersenang-senang dengan hartanya, tetapi kemudian lenyap atau pergi (dan di sisi Allahlah tempat kembali yang baik) yakni surga, sehingga itulah yang seharusnya menjadi idaman dan bukan lainnya.
- امهات التفاسير
- 00310 ت - تفسير جامع البيان في تفسير القرآن - تفسير الطبري
- 00538 ت - تفسير الكشاف - تفسير الزمخشري
- 00606 ت - تفسير مفاتيح الغيب التفسير الكبير - تفسير الرازي
- 00671 ت - تفسير الجامع لأحكام القرآن - تفسير القرطبي
- 00774 ت - تفسير القرآن الكريم - تفسير ابن كثير
- 00685 ت - تفسير أنوار التنزيل وأسرار التأويل - تفسير البيضاوي
- 00864 ت - تفسير الجلالين - تفسير المحلي والسيوطي
- 01250 ت - تفسير فتح القدير - تفسير الشوكاني
- تفاسير أهل السنة
- 00817 ت - تفسير القرآن - تفسير الفيروز أبادي
- 00375 ت - تفسير بحر العلوم - تفسير السمرقندي
- 00450 ت - تفسير النكت والعيون - تفسير الماوردي
- 00516 ت - تفسير معالم التنزيل - تفسير البغوي
- 00546 ت - تفسير المحرر الوجيز في تفسير الكتاب العزيز - تفسير ابن عطية
- 00597 ت - تفسير زاد المسير في علم التفسير - تفسير ابن الجوزي
- 00660 ت - تفسير القرآن - تفسير ابن عبد السلام
- 00710 ت - تفسير مدارك التنزيل وحقائق التأويل - تفسير النسفي
- 00725 ت - تفسير لباب التأويل في معاني التنزيل - تفسير الخازن
- 00754 ت - تفسير البحر المحيط - تفسير أبو حيان
- 00803 ت - تفسير التفسير - تفسير ابن عرفة
- 00728 ت - تفسير غرائب القرآن ورغائب الفرقان - تفسير القمي النيسابوري
- 00875 ت - تفسير الجواهر الحسان في تفسير القرآن - تفسير الثعالبي
- 00880 ت - تفسير اللباب في علوم الكتاب - تفسير ابن عادل
- 00885 ت - تفسير نظم الدرر في تناسب الآيات والسور - تفسير البقاعي
- 00911 ت - تفسير الدر المنثور في التفسير بالمأثور - تفسير السيوطي
- 00951 ت - تفسير إرشاد العقل السليم إلى مزايا الكتاب الكريم - تفسير أبو السعود
- 00150 ت - تفسير مقاتل ابن سليمان - تفسير مقاتل ابن سليمان
- 00427 ت - تفسير الكشف والبيان - تفسير الثعلبي
- 00104 ت - تفسير مجاهد - تفسير مجاهد ابن حبر المخزومي
- 00756 ت - تفسير الدر المصون - تفسير السمين الحلبي
- 00741 ت - تفسير التسهيل لعلوم التنزيل - تفسير ابن جزي الغرناطي
- 00360 ت - تفسير التفسير الكبير - تفسير الطبراني
- 00333 ت - تفسير تأويلات أهل السنة - تفسير الماتريدي
- 01241 ت - تفسير حاشية الصاوي - تفسير الجلالين
- 00161 ت - تفسير سفيان الثوري - تفسير عبد الله سفيان بن سعيد بن مسروق الثوري الكوفي
- 00303 ت - تفسير النسائي - تفسير النسائي
- 00211 ت - تفسير عبد الرزاق الصنعاني مصور - تفسير همام الصنعاني
- 01332 ت - تفسير محاسن التأويل - تفسير محمد جمال الدين القاسمي
- 01354 ت - تفسير المنار - تفسير محمد رشيد بن علي رضا
- 00399 ت - تفسير القرآن العزيز - تفسير ابن أبي زمنين
- 00330 ت - تفسير كتاب نزهة القلوب - تفسير أبى بكر السجستاني
- 00548 ت - تفسير مجمع البيان في تفسير القرآن - تفسير الطبرسي
- 00460 ت - تفسير التبيان الجامع لعلوم القرآن - تفسير الطوسي
- 00283 ت - تفسير القرآن - تفسير التستري
- تفاسير أهل السنة السلفية
- 01921 م - تفسير أيسر التفاسير - تفسير أبو بكر الجزائري
- 01376 ت - تفسير تيسير الكريم الرحمن في تفسير كلام المنان - عبد الرحمن بن ناصر بن السعدي
- تفاسير حديثة
- 01270 ت - تفسير روح المعاني - تفسير الألوسي
- 01387 ت - تفسير في ظلال القرآن - تفسير سيد قطب
- 01393 ت - تفسير التحرير والتنوير - تفسير ابن عاشور
- 01393 ت - تفسير أضواء البيان في تفسير القرآن - تفسير الشنقيطي
- 01418 ت - تفسير خواطر محمد متولي الشعراوي
- 01431 ت - تفسير الوسيط في تفسير القرآن الكريم - تفسير طنطاوي
- تفاسير مختصرة
- 00468 ت - تفسير الوجيز - تفسير الواحدي
- 00754 ت - تفسير النهر الماد - تفسير الأندلسي
- تفاسير ميسرة
- 01332 ت - تفسير تيسير التفسير - تفسير إطفيش
- 01404 ت - تفسير تيسير التفسير - تفسير القطان
- 00000 - تفسير المنتخب في تفسير القرآن الكريم - لجنة القرآن الكريم
- 02011 ت - تفسير أيسر التفاسير - تفسير أسعد حومد
- 01930 م - تفسير آيات الأحكام - تفسير الصابوني
- 01930 م - تفسير مختصر تفسير ابن كثير - تفسير الصابوني
- 01930 م - تفسير صفوة التفاسير - تفسير الصابوني