[3:15] Basmeih
Katakanlah (wahai Muhammad): "Mahukah supaya aku khabarkan kepada kamu akan yang lebih baik daripada semuanya itu? Iaitu bagi orang-orang yang bertaqwa disediakan di sisi Tuhan mereka beberapa Syurga, yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya. Disediakan juga pasangan-pasangan/ isteri-isteri yang suci bersih, serta (beroleh pula) keredaan dari Allah". Dan (ingatlah), Allah sentiasa Melihat akan hamba-hambaNya;
[3:15] Bahasa Indonesia
Katakanlah: "Inginkah aku kabarkan kepadamu apa yang lebih baik dari yang demikian itu?". Untuk orang-orang yang bertakwa (kepada Allah), pada sisi Tuhan mereka ada surga yang mengalir dibawahnya sungai-sungai; mereka kekal didalamnya. Dan (mereka dikaruniai) isteri-isteri yang disucikan serta keridhaan Allah. Dan Allah Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya.
[3:15] Quraish Shihab
Katakan, hai Nabi, "Maukah kalian aku beritahukan sesuatu yang lebih baik dari yang dicintai manusia di dunia? Bagi orang-orang yang bertakwa pahala yang terjamin di sisi Allah, yaitu surga yang dialiri sungai- sungai di antara pepohonannya. Mereka bersenang-senang dengan kehidupan yang baik di dalamnya, tidak pernah dihantui rasa takut nikmat itu akan hilang, sebab mereka dibuat kekal di dalamnya. Bagi mereka juga istri-istri yang suci, bersih dari sesuatu yang menodai wanita-wanita dunia serta keridaan Allah yang dengannya mereka merasakan nikmat yang sangat agung. Allah Maha Mengetahui keadaan hamba-Nya. Tidak ada satu pun urusan dan rahasia mereka yang tersembunyi dari-Nya.
[3:15] Tafsir Jalalayn
(Katakanlah) hai Muhammad kepada kaummu! ("Maukah saya sampaikan kepadamu) saya beritahukan (apa yang lebih baik dari yang demikian?") yakni yang disebutkan dari berbagai syahwat tadi; adapun pertanyaan di sini berarti pengukuhan. (Bagi orang-orang yang bertakwa) yang menjaga diri mereka dari kemusyrikan (di sisi Tuhan mereka) menjadi khabar sedangkan mubtadanya: (surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, kekal mereka) artinya ditakdirkan kekal (di dalamnya) jika mereka memasukinya (dan istri-istri yang disucikan) dari haid dan lainnya yang dianggap kotor (serta keridaan) ada yang membaca ridhwaan dan ada pula rudhwaan; artinya keridaan yang banyak (dari Allah dan Allah Maha Melihat) maksudnya Maha Mengetahui (akan hamba-hamba-Nya) mereka akan dibalas menurut amalnya masing-masing.
- امهات التفاسير
- 00310 ت - تفسير جامع البيان في تفسير القرآن - تفسير الطبري
- 00538 ت - تفسير الكشاف - تفسير الزمخشري
- 00606 ت - تفسير مفاتيح الغيب التفسير الكبير - تفسير الرازي
- 00671 ت - تفسير الجامع لأحكام القرآن - تفسير القرطبي
- 00774 ت - تفسير القرآن الكريم - تفسير ابن كثير
- 00685 ت - تفسير أنوار التنزيل وأسرار التأويل - تفسير البيضاوي
- 00864 ت - تفسير الجلالين - تفسير المحلي والسيوطي
- 01250 ت - تفسير فتح القدير - تفسير الشوكاني
- تفاسير أهل السنة
- 00817 ت - تفسير القرآن - تفسير الفيروز أبادي
- 00375 ت - تفسير بحر العلوم - تفسير السمرقندي
- 00450 ت - تفسير النكت والعيون - تفسير الماوردي
- 00516 ت - تفسير معالم التنزيل - تفسير البغوي
- 00546 ت - تفسير المحرر الوجيز في تفسير الكتاب العزيز - تفسير ابن عطية
- 00597 ت - تفسير زاد المسير في علم التفسير - تفسير ابن الجوزي
- 00660 ت - تفسير القرآن - تفسير ابن عبد السلام
- 00710 ت - تفسير مدارك التنزيل وحقائق التأويل - تفسير النسفي
- 00725 ت - تفسير لباب التأويل في معاني التنزيل - تفسير الخازن
- 00754 ت - تفسير البحر المحيط - تفسير أبو حيان
- 00803 ت - تفسير التفسير - تفسير ابن عرفة
- 00728 ت - تفسير غرائب القرآن ورغائب الفرقان - تفسير القمي النيسابوري
- 00875 ت - تفسير الجواهر الحسان في تفسير القرآن - تفسير الثعالبي
- 00880 ت - تفسير اللباب في علوم الكتاب - تفسير ابن عادل
- 00885 ت - تفسير نظم الدرر في تناسب الآيات والسور - تفسير البقاعي
- 00911 ت - تفسير الدر المنثور في التفسير بالمأثور - تفسير السيوطي
- 00951 ت - تفسير إرشاد العقل السليم إلى مزايا الكتاب الكريم - تفسير أبو السعود
- 00150 ت - تفسير مقاتل ابن سليمان - تفسير مقاتل ابن سليمان
- 00427 ت - تفسير الكشف والبيان - تفسير الثعلبي
- 00104 ت - تفسير مجاهد - تفسير مجاهد ابن حبر المخزومي
- 00756 ت - تفسير الدر المصون - تفسير السمين الحلبي
- 00741 ت - تفسير التسهيل لعلوم التنزيل - تفسير ابن جزي الغرناطي
- 00360 ت - تفسير التفسير الكبير - تفسير الطبراني
- 00333 ت - تفسير تأويلات أهل السنة - تفسير الماتريدي
- 01241 ت - تفسير حاشية الصاوي - تفسير الجلالين
- 00161 ت - تفسير سفيان الثوري - تفسير عبد الله سفيان بن سعيد بن مسروق الثوري الكوفي
- 00303 ت - تفسير النسائي - تفسير النسائي
- 00211 ت - تفسير عبد الرزاق الصنعاني مصور - تفسير همام الصنعاني
- 01332 ت - تفسير محاسن التأويل - تفسير محمد جمال الدين القاسمي
- 01354 ت - تفسير المنار - تفسير محمد رشيد بن علي رضا
- 00399 ت - تفسير القرآن العزيز - تفسير ابن أبي زمنين
- 00330 ت - تفسير كتاب نزهة القلوب - تفسير أبى بكر السجستاني
- 00548 ت - تفسير مجمع البيان في تفسير القرآن - تفسير الطبرسي
- 00460 ت - تفسير التبيان الجامع لعلوم القرآن - تفسير الطوسي
- 00283 ت - تفسير القرآن - تفسير التستري
- تفاسير أهل السنة السلفية
- 01921 م - تفسير أيسر التفاسير - تفسير أبو بكر الجزائري
- 01376 ت - تفسير تيسير الكريم الرحمن في تفسير كلام المنان - عبد الرحمن بن ناصر بن السعدي
- تفاسير حديثة
- 01270 ت - تفسير روح المعاني - تفسير الألوسي
- 01387 ت - تفسير في ظلال القرآن - تفسير سيد قطب
- 01393 ت - تفسير التحرير والتنوير - تفسير ابن عاشور
- 01393 ت - تفسير أضواء البيان في تفسير القرآن - تفسير الشنقيطي
- 01418 ت - تفسير خواطر محمد متولي الشعراوي
- 01431 ت - تفسير الوسيط في تفسير القرآن الكريم - تفسير طنطاوي
- تفاسير مختصرة
- 00468 ت - تفسير الوجيز - تفسير الواحدي
- 00754 ت - تفسير النهر الماد - تفسير الأندلسي
- تفاسير ميسرة
- 01332 ت - تفسير تيسير التفسير - تفسير إطفيش
- 01404 ت - تفسير تيسير التفسير - تفسير القطان
- 00000 - تفسير المنتخب في تفسير القرآن الكريم - لجنة القرآن الكريم
- 02011 ت - تفسير أيسر التفاسير - تفسير أسعد حومد
- 01930 م - تفسير آيات الأحكام - تفسير الصابوني
- 01930 م - تفسير مختصر تفسير ابن كثير - تفسير الصابوني
- 01930 م - تفسير صفوة التفاسير - تفسير الصابوني